NPM:12110421
Nama: Ervi Yulianti
Kelas: 3KA28
Pada semester 5 ini saya mendapatkan mata kuliah "Grafik Komp. &
Pengolahan Citra" mata kuliah ini mengajarkan hal-hal yang bersangkutan
grafis pada komputer,tugas pertama saya pada mata kuliah ini adalah membuat
Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat
program OpenGL dengan compiler Dev C++.
Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
- Dev C++ (pastikan komputer anda sudah terinstal aplikasi ini)
- Header glut (header yang digunakan untuk OpenGL)
OpenGL (Pendahuluan)
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang
digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat
opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa
pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows,
Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan
fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3
files yaitu :
- Glut.h
- Glut32.lib
- Glut32.dll
Cara menginstall (Dev
C++ dan OpenGL)
Apa bila komputer anda tidak terinstal Dev
C++ anda bisa mendownloadnya disini ,lalu instal Dev C++ seperti halnya
menginstal aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan / membuat file OpenGL anda
harus memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya disini ,
dan untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya :
1. Masuk
kedalam Dev C++
4. ganti Files of
Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip )
terbaca.
5. Klik open,lalu
ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.
Lalu setelah selesai
menginstal Dev c++ dan header openGL, selanjutnya kita mencoba untuk langsung
membuat tugas program sederhana kita,cara membuat file baru adalah :
- Klik menu File > Pilih New > Project .
- Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.
Setelah membuat
project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai tugas mata kuliah
ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Membuat garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. begitu
kita selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong
pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL
ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL
animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia
OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja
Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan
koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar
tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis
Vertikal*/
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah
selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan
file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile
akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan
dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program
langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa tuliskan koding seperti
gambar di bawah ini :
atau apabila gambar
tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis
Horizontal*/
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f); [ untuk menentukan titik yang
digunakan ]
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang
digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai
menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan
mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta
untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan
tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan
dan menghasilkan output :
Membuat garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita bisa tuliskan koding seperti
gambar di bawah ini :
atau apabila
gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk membuat garis
Diagonal*/
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan
]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai
menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan
mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta
untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan
tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan
dan menghasilkan output :
Sekian
yang bisa saya kerjakan untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafik Komputer dan
Pengolahan Citra, maaf apa bila ada kesalahan dan kekurangan yang saya miliki.
0 komentar:
Posting Komentar