Apa itu Telematika?
Telematika, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis “telematique” yang
merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Telematika juga merupakan sarana komunikasi jarak jauh melalui media
elektromagnetik.
Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap,
dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan
suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya.
Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada
pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).
Siapa Pengguna Telematika?
Pengguna Telematika :
– Perpustakaan Elektronik
Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di bantu dengan teknologi
informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang
pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya.
– Integrasi antara sistem telekomunikasi dan
informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT
(Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT
merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan
informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
– E-Commerce Prinsip dasar dari e-commerce adalah proses jual beli yang
dilakukan secara elektronik melalui internet. Proses jual beli yang dimaksud
meliputi pemasangan iklan, melakukan pemesanan barang, melakukan pembayaran,
sampai mengirim dokumen klaim. Karena e-commerce dapat diakses secara luas di
seluruh dunia, maka proses jual beli pun terasa mudah sebab sudah tidak
bergantung pada ruang dan waktu. Siapapun dapat membeli barang yang dijual di
negara manapun dan kapanpun.
– E-Learning merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari
cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui
internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat
menghubungkan pengajar dengan muridnya. Kegiatan seperti memberikan materi
belajar, melakukan ujian, mengirim tugas, mengecek nilai dapat dilakukan secara
elektronik.
Kapan Telematika Digunakan?
Pelaksanaa telematika di Indonesia..
Di Indonesia, pengaturan dan pelaksanaan mengenai berbagai bidang usaha yang
bergerak di sektor telematika diatur oleh Direktorat Jenderal Aplikasi
Telematika. Fungsi Departemen di bidang Aplikasi Telematika yang berada di
bawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Republik
Indonesia.
Fungsinya meliputi:
1. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat
lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi
telematika;
Pelaksanaan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan
konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi
telematika;
Perumusan dan pelaksanaan kebijakan kelembagaan internasional di bidang e-government,
e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta
standardisasi dan audit aplikasi telematika.
2. Penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang
e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika
serta standardisasi dan audit aplikasi telematika.
3. Pembangunan, pengelolaan dan pengembangan infrastruktur dan manajemen
aplikasi sistem informasi pemerintahan pusat dan daerah;
Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi;
Pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika.
Dimana Telematika Digunakan?
Telematika dapat digunakan di berita resmi pemerintah seperti E-goverment,
transaksi perdagangan elektronik seperti E-commerce (contoh : bhinneka.com),
pendidikan terbuka dengan modus jarak jauh dengan media internet atau web
seperti E-learning
Bagaimana Telematika Digunakan?
Perkembangan Telematika sebelum dan sesudah internet muncul..
Banyak cara mengenai cara bagaimana telematika itu digunakan. Sebelum ada
internet media untuk telematika hanya berupa radio, pager, televisi, telegraf,
dan telepon. Untuk berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih
sulit, karena biaya mahal, bahkan untuk mengirim surat butuh waktu yang cukup
lama. Setelah muncul internet untuk melakukan komunikasi menjadi lebih mudah,
mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah. Setelah ada internet
berkomunikasi bisa lebih cepat dan lebih murah, kita tidak perlu membayar tarif
telepon internasional yang mahal bahkan bisa melakukan chatting dan video call.
Mengirim surat juga bisa sampai sangat cepat dengan menggunakan email.
Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
Kamis, 07 November 2013
PENGANTAR TELEMATIKA
Diposting oleh ervi yulianti di 16.50
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar