Minggu, 17 Maret 2013

APLIKASI MENGIRIM PESAN


APLIKASI MENGIRIM PESAN
SMS (Short Messaging Service)
            SMS atau Shot Messaging Service adalah sebuah layanan yang dilaksanankan dengan ponsel untuk mengirim maupun menerima pesan-pesan pendek. Pada J2ME diizinkan mengirim dan menerima SMS, namun dengan alas an keamanan sebuah MIDlet hanya dapat memproses pesan SMS yang dikirimkan pada port yang sudah terdaftar sebagai listener. MIDlet tidak ndapat mengakses pesan SMS dari aplikasi lain ataupun yang dikirimkan pada port standar (default),hal ini sangat berdampak pada penerimaan SMS melalui MIDlet yang pada intinya MIDlet untuk menerima SMS tidak dapat menerima SMS tidak dapat menerima SMS yang masuk ke inbox ponsel, namun MIDlet untuk mengirimkan SMS dapat mengirimkan SMS yang masuk ke inbox ponsel kita.
Membuat MIDlet SendSMS :
Sebagai latihan ,akan dibuat sebuah MIDlet untuk mengirimkan SMS.
Langkah-langkah yang harus dilakukan sebgai berikut :
1.      Buka program wireless toolkit for CLCD wireless toolkit.
2.      Buat proyek baru dengan mengklik tombol new project.
3.      Isi nama proyek dan kelas dengan nama SendSMS dan pilih setting JTWI dengan tambahan sebagai berikut :
Tambahan pada tab user defined pada jendela setting
Key : SMS-Port
Value : 5000
Tambahan ini hanya berlaku jika SMS yang dikirim ditujukkan pada port tertentu,tapi jika diinginkan SMS yang dikirimkan masuk ke inbox ponsel,maka tambahan ini tidak perlu .Jika instlasi tidak membutuhkan file JAD maka nilai port ditulis pada kode program karena user defined akan dituliskan pada file JAD.


Referensi :
M. Shalahuddin, Rosa A.S. (2008). "Belajar Cepat Pemrograman Perangkat Telekomunikasi Mobile", INFORMATIKA Bandung, Bandung.

0 komentar: