Senin, 04 Oktober 2010

Dampak Perubahan Sosial&Globalisasi

                                             DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL & GLOBALISASI
             Menurut saya,masyarakat Indonesia telah mengalami barbagai macam perubahan social ,seiring dengan gencarnya proses globalisasi dan modernisasi .
Semua perubahan social yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat dapat juga menimbulkan ketidakseimbangan antar hubungan-hubungan social lainnya.
Ketidakseimbangan seperti itu terjadi dapat juga secara cepat,atau juga secara lambat.Dari perubahan-perubahan social semacam itu juga dapat menimbulkan masalah-masalah ,karena dalam penyesuaian ini akan timbul masyarakat yang menemukan nilai-nilai kehidupan yang baru,dan masyarakat akan bias tenggelam dalam persoalan-persoalan yang akan di hadapi oleh kita sendiri dan tidak dapat mengambil keputusan terhadap hidup kita yang baru.
         Semua itu bisa menimbulkan anatara lain : kenakalan remaja,kriminalitas,prostitusi,aksi-aksi lainnya seperti demonstrasi dan aksi-aksi protes massa.
Dan di dalam era globalisasi ini terdapat juga unsure-unsur budaya asing,sehungga kita mudah sekali akan terpengaruh .Budaya-budaya yang dating dari luar tidak semuanya positif bagi perkembangan dan kehidupan kita bangsa Indonesia .Unsur-unsur budaya asing masuk bersamaan denagn adanya tekhnologi-tekhnologi canggih ,alat-alat komunikasi,televise,radio,film-film,dan banyak juga yang lainnya.
        Melalui semua media ini kita akan mudah sekali untuk terpengaruh . Dan menurut saya pemikiran untuk mengatasi itu semua adalah mempertebal ideologi-ideologi bangsa kia melalui pendidikan maupun di luar pendidikan, masyarakat melalui RT dan RW membudayakan jam-jam belajar bagi anak usia sekolah, setiap warga bias untuk lebih mencintai dan menyukai produk-produk dalam negri,dan khusus untuk orangtua harus menjaga anak-anaknya supaya tidak terpengaruh oleh hal-hal yang sifatnnya negative.

0 komentar: