Kamis, 28 Oktober 2010

NKRI


                                                NKRI
Pengertian negara kesatuan republik Indonesia.Secara umum,terbentuknya suatu negara adalah terpenuhinya unsur-unsur negara yaitu adanya pemerintahan yang berdaulat,bangsa,dan wilayah.
Kemudian berkembang menjadi mengikuti tuntutan banyak hal.Misalnya,banyak bangsa yang menuntut wilayah yang sama atau banyak pemerintah yang menuntut bangsa yang sama.Dengan demkian,selain unsur-unsur pemerintahan berdaulat,bangsa dan wilayah sebagai unsur-unsur terbentuknya negara.
Perkembangan pemikiran ini mempengaruhi perdebatan di dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia dalam membentuk NKRI dan merumuskan pembukaan konstitusi yang di rencanakan sebagai naskah proklamasi.
            Terjadinya negara merupakan suatu proses yang tidak sekadar di ambil dari proklamasi ,melainkan dari perjuanagan bangsa indonesia yang menuntut kemerdekaan ,sehingga membentuk ide-ide dasar yang di cita-citakan .
Adapun tujuan NKRI sendiri adalah negara dapat di pandang sebagai asosiasi manusia yang hidup dan bekerja samauntuk mengejar beberapa tujuan negara NKRI ini.Dan tujuan-tujuan negara NKRI juga tercantum di dalam UUD 1945    .

0 komentar: